UN DIHAPUS?

Puluhan SMK di Sukabumi Melakukan MoU dengan Sejumlah Industri
November 29, 2019
Lowongan Kerja Sukabumi
JOB FAIR DISNAKERTRANS KAB. SUKABUMI
December 3, 2019

UN DIHAPUS?

Mendikbud RI Nadiem Makariem

Jakarta, Ditemui usai menjadi salah satu pembicara dalam Konferensi Pendidikan Indonesia di Gedung Kemendikbud, Jakarta  (30/11/2019) karena banyaknya masukan serta aspirasi dari masyarakat yang ditujukan langsung kepada dirinya dan kemetrian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan akan melakukan peninjauan kembali tentang pelaksanaan UN. Namun bukan hanya sekedar wacana menghapus Ujian Nasional, tetapi lebih penting adalah melihat kembali tujuan dan esensi dari dilaksanakannya Ujian Nasional. Nadiem berpendapat bahwa UN tidak boleh lagi memiliki dampak negative yang berlebihan, seperti stress dan dampak negatrf  lainnya.

Nadiem berharap UN yang memiliki tujuan positif untuk mengukur kemampuan siswa tida boleh lagi dianggap sebagai momok yang menakutkan, tetapi djadikan sebagai tolak ukur kemampuan peserta didik setelah menimba ilmu selama bertahun tahun.

Banyak masukan dan saran yang didengar oleh Kemendikbud yang sampaikan oleh berbagai pihak seperti praktisi pendidikan, guru, peserta didik maupun orang tua peserta didik yang berharap sistem UN segera diperbaiki sehingga menghasilkan ujian yang berkualitas tetapi lebih peduli dan menyenangkan.

Pada kesempatan kali ini Mendikbud Nadiem juga  memastikan UN 2020 akan tetap dilaksanakan sesuai rencana yang telah dibuat. Hal ini diumumkan agar semua pemanggku kepentingan lebih tenang dalam menjalankan tugas-tugasnya. Terutama bagi peserta didik dan sekolah yang sudah mempersiapkan langkah – langkah dalam menghadapi Ujian Nasional. Pernyataan  Mendikbud Nadiem makariem ini sekaligus menepis kabar yang beredar di masyarakat tentang akan dihapusnya Ujian Nasioanl tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *